PASCASARJANA UNIKOM MENGADAKAN WEBINAR CONSUMER SOCIAL MEDIA HABITS


 
BANDUNG, UNIKOM – Pascasarjana Unikom telah mengadakan webinar yang bertanjuk “Consumer Sosial Media Habits” pada Sabtu, 06 Maret 2022 Pukul 09.00 WIB dengan mengundang Narasumber Diah Nur Kusumawardhani, S.Psi dan Maryadi Aris Munandar, S.Kom yang merupakan Mahasiswa Magister Manajemen Fakultas Pascasarjana Unikom. Turut hadir pada kesempatan tersebut Dekan Fakultas Pascasarjana Dr. Rahma Wahdiniwaty, Dra., M.Si. Para Ketua Program Studi dan Dosen di lingkungan Pascasarjana Unikom dengan peserta terdiri dari Mahasiswa, Dosen Fakultas Pascasarjana serta Perusahaan/Industri dan pelaku UMKM.

Dekan Fakultas Pascasarjana Unikom Dr. Rahma Wahdiniwaty, Dra., M.Si. dalam sambutan sekaligus membuka acara webinar tersebut mengatakan “Webinar tersebut merupakan bentuk dari Implementasi mata kuliah Manajemen Pemasaran dalam memahami perilaku konsumen sebagai bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat dan manfaatnya bagi pelaku UMKM. Selain itu juga, kegiatan webinar ini pun berasal dari RPS Manajemen Pemasaran yang berkaitan dengan bagaimana cara memahami karakteristik perilaku konsumen secara online dan bagaimana promosi melalui social media sebagai strategi peluang bisnis sehingga diharapkan kegiatan ini dapat bermanfaat bagi pelaku usaha khusus nya bagi pelaku UMKM” tutur Rahma.

Memasuki acara inti, sebagai Narasumber yang pertama Diah Nur Kusumawardhani, S.Psi. yang merupakan Manager HC&GA PT. Chitose Internasional Tbk memberikan materinya berkaitan dengan perilaku customer dan konsumen menurutnya Customer atau pelanggan adalah orang yang melakukan transaksi pembelian atas produk Anda. Dalam hal ini, customer melakukan transaksi pembayaran untuk memiliki produk. Meskipun mungkin saja pelanggan menggunakan produk tersebut untuk diri sendiri atau orang lain.

Sedangkan, Konsumen adalah orang yang menggunakan atau mengkonsumsi produk yang Anda tawarkan. Dalam hal peraktek pemasaran, konsumen belum tentu orang yang melakukan transaksi atas pembelian produk. Diah juga menjelaskan empat tipe perilaku konsumtif yaitu 1) Dominance, 2) Influence, 3) Steady dan 4) Conscience.

Memasuki Narasumber selanjutnya, yaitu Maryadi Aris Munandar, S.Kom. yang merupakan General Manager PT. Exellenct Infotama Kreasindo. Aris memaparkan materi nya mengenai peluang bisnis dalam penggunaan social media. Dari sekian banyak nya social media yang digunakan masyarakat, Aris menjelaskan peluang bisnis online pada social media via Facebook di masa pandemic manfaat apa saja yang akan didapatkan melalui Facebook dan pengenalan Facebook itu sendiri.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa lebih dari 3,2 miliar orang di dunia menggunakan media sosial. Angka ini menjadi fakta menarik, sekaligus bukti bahwa media sosial memang digandrungi masyarakat. Dengan media sosial, proses marketing yang dilakukan akan jadi jauh lebih menyenangkan. Ada beberapa keuntungan yang bisa menjadi alasan kenapa marketing jenis ini penting. 1. Meningkatkan brand awareness 2. Mendapatkan feedback produk dan strategi pemasaran dan 3. Mempelajari kompetitor. (Direktorat Hms & pro)

About Author
admin