Pengabdian Kepada Masyarakat, UNIKOM Bantu Pelaku UMKM Bangkit dari Keterpurukan Usaha di Kab Bandung


Pada hari Selasa, 21 Desember 2021 Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) Universitas Komputer Indonesia melakukan kegiatan program pengabdian kepada masyarakat dalam upaya membantu pemulihan ekonomi Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Mengenah (UMKM) pasca pandemi Covid -19 di Kabupaten Bandung.


Berbagai masalah dan kendala dihadapi UMKM maka tim PkM (Dr. Rahma Wahdiniwaty, Dra.,M.Si. (Dekan Fakultas Pascasarjana), Dr. Wendi Zarman, M.Si (Ketua Tim PkM), Dr. Ir. Deden A. Wahab Syaroni, M.Si (Kaprodi Magister Manajemen) Dr. Yeffry Handoko, MT. (Ketua Program Studi Magister Sistem Informasi) melakukan servei, wawancara, pendampingan kepada pelaku UMKM untuk mengetahui proses bisnis dan permasalahan atau kendala – kendala yang terjadi pada pelaku UMKM  

 
Dengan semakin pesatnya kemajuan Teknologi Informasi (TI) diharapkan dapat menjadi media untuk membantu dalam memberikan solusi pemulihan Ekonomi bagi pelaku UMKM pasca covid – 19. Pelaku usaha diharapkan dapat mangambil kesempatan ini untuk mengimplementasikan ke proses bisnisnya, Dr. Rahma Wahdiniwaty, Dra.,M.Si. (Dekan Fakultas Pascasarjana) mengatakan “UNIKOM mengembangkan model aplikasi E-Media Warung Elektronik sebagai salah satu upaya untuk mengembangkan proses bisnis terutama dari sisi pemasaran (marketing) yang sistemnya menjemput bola dari produsen ke konsumen,” kata Rahma.

Ia berharap dengan adanya e-media sebagai fasilitator salesman/salesgirl otomatis diharapkan dapat membantu memasarkan produk- produk UMKM yang ada tersebut.

Lebih lanjut, Rahma menerangkan dengan adanya Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini, harapan untuk mencapai kemajuan khususnya UMKM dapat tercapai. Dengan E-media ini, implementasi hasil penelitian yang telah dilakukan sebelumnya bermitra dengan Diskoperindag Kabupaten Bandung dan pelaku UMKM, segera dalam proses penuntasan.

About Author
admin